Monday, June 18, 2012

Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia

Tidak perlu diragukan lagi, Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) merupakan fakultas hukum terbaik di Indonesia sampai saat ini. Sebagai salah satu fakultas hukum tertua di Indonesia, FH UI memang layak mendapatkan “Peringkat Pertama” karena beberapa alasan berikut ini.
FH UI tetap mendorong semaksimal mungkin dosen-dosen berpendidikan S3 baik dari dalam dan luar negeri, yang salah satu diantaranyanya didukung oleh alumni dalam bentuk donasi untuk dosen yang sedang menjalani pendidikan. melakukan recharching di berbagai tempat, diantaranya di Belanda.
Mahasiswa FH UI juga banyak menorehkan prestasi baik ditingkat nasional maupun tingkat internasional. Di tingkat nasional FH UI biasanya mengungguli semua fakultas hukum lain di bidang International Law Moot Court Competition, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)/Program Kreatiitas Mahasiswa (PKM), dan Lomba Debat. Lulusan FH UI banyak berperan pada berbagai bidang kehidupan, mulai dari pemerintahan, peradilan, kejaksaan, pengacara, sampai kepada yang aktif dan mengabdikan diri pada lembaga-lembaga yang langsung mendorong pengembangan di masyarakat, seperti pada LSM lingkungan. Bahkan, hampir 60% kantor hukum ternama di Jakarta didirikan dan diisi oleh alumni FH UI . Keberadaan alumni FH UI memang memberi warna tersendiri bagi setiap aktivitas di negeri ini. Hukum Bisnis dan Hukum Internasional adalah bidang unggulan FH UI. Apabila kita search dengan Google, dengan kata kunci “FH UI”,  maka setidak-tidaknya ada 13,6 juta halaman tersedia.
Kampus yang berada di kawasan Kampus UI Depok ini menyelenggarakan berbagai program akademik yaitu Sarjana Hukum Reguler, Sarjana Hukum Ekstensi, Sarjana Hukum Kelas Paralel, Pascasarjana Magister Ilmu Hukum, Pascasarjana Magister Kenotariatan, Pascasarjana Doktoral Ilmu Hukum.
Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH UNPAD) didirikan secara resmi berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 1957 tentang Pendirian UNPAD, tanggal 24 September 1957. Fakultas Hukum UNPAD merupakan salah satu dari empat fakultas yang menjadi cikal bakal UNPAD, sekaligus menjadi dasar identitas UNPAD dalam berkiprah di dunia pendidikan.
FH UNPAD layak berada di posisi kedua mengingat kualitas lulusannya yang banyak berkiprah di tingkat nasional maupun internasional. Lulusan FH UINPAD seperti halnya lulusan FH UI banyak berperan pada berbagai bidang kehidupan, mulai dari pemerintahan, peradilan, kejaksaan, pengacara, sampai kepada yang aktif dan mengabdikan diri pada lembaga-lembaga yang langsung mendorong pengembangan di masyarakat. FH UNPAD adalah pemasok terbesar kedua Sarjana Hukum ke kantor hukum ternama di Jakarta setelah FH UI. Beberapa law firm ternama di Jakarta juga didirikan oleh alumni FH UNPAD. Selain itu, mahasiswa FH UNPAD juga banyak memenangi kompetisi-kompetisi tingkat nasional dan seringkali FH UNPAD selalu membayang-bayangi FH UI dalam berbagai kompetisi. Fakultas yang sudah berdiri lebih dari 50 tahun ini juga memiliki sarana dan prasarana perkuliahan yang lengkap dan mewah yang didukung dengan dosen-dosen yang berkualitas juga. Apabila kita search dengan Google, dengan kata kunci “FH UNPAD”,  maka setidak-tidaknya ada 155.000 halaman tersedia.
Bidang Hukum Internasional dan Hukum Lingkungan adalah keunggulan fakultas yang beralamat di Jalan Dipati Ukur 35, Bandung ini. Hal ini disebabkan pada saat itu Mochtar Kusumaatmadja yang adalah Dekan FH UNPAD menjabat  ketua Konsorsium Ilmu Hukum dan menetapkan FH UNPAD sebagai role model pengembangan Hukum Internasional di Indonesia. Fakultas ini menyelenggarakan beberapa program akademik yaitu pertama, Program Sarjana (S1) Kelas Pagi dan Kelas Sore, dan kedua, Program Pascasarjana (S2 dan S3) yang terdiri dari: a)  Magister Kenotariatan; b) Magister Ilmu Hukum; dan c) Doktor Ilmu Hukum.
Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) adalah fakultas hukum tertua kedua di Indonesia setelah FH UI (82 tahun), dimana akan merayakan dies natalis ke 65 tahun ini. Menempatkan FH UGM di posisi ketiga setelah FH UNPAD sepertinya adalah tindakan yang salah dan kurang objektif, akan tetapi Penulis mempunyai pertimbangan lain. Setelah melakukan survei ke 25 law firm terbaik di bidang Corporate and Finance di Indonesia versi IFLR1000, penulis hanya sedikit menemukan lulusan UGM yang menjadi lawyer di 25 law firms tersebut. Hal ini menjadi poin minus FH UGM sebab sebagaimana kita ketahui, law firm adalah perekrut terbesar alumni fakultas hukum.
Sedangkan untuk kriteria lainnya, pada umumnya FH UGM unggul dibandingkan dengan FH UNPAD. Misalnya dalam kualitas fakultas (termasuk didalamnya adalah kualitas penyelenggaraan pendidikan, kelengkapan sarana dan prasarana, research, manajemen fakultas, rasio dosen dan mahasiswa, dlll) dan kualitas mahasiswa (keikutsertaan dalam berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional, prestasi-prestasi di bidang hukum dan kreativitas mahasiswa). Dan berdasarkan kriteria TOM, masyarakat Indonesia lebih mengenal FH UGM dibandingkan dengan FH UNPAD. Apabila kita search dengan Google, dengan kata kunci “FH UGM”,  maka setidak-tidaknya ada  842.000 halaman tersedia.
FH UGM dalam penyelenggaraan pendidikan akademik hampir sama dengan FH lainnya, yaitu Program Diploma, Program Magister dan Program Doctoral. Program pendidikan di fakultas ini lebih unik dibandingkan dengan fakultas hukum lainnya karena terdapat  Undergraduate Program (D3 Hukum). FH UGM juga menjalin hubungan dengan beberapa fakultas hukum terbaik di dunia. FH UGM memiliki banyak bidang hukum unggulan, misalnya Hukum Tata Negara, Hukum Pidana, Hukum Perdata dan Hukum Lingkungan.
Agak sedikit mengejutkan apabila Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (FH UNPAR) ditempatkan di posisi keempat dibandingkan dengan Fakultas Hukum lainnya yang ada di Indonesia. Pertimbangannya tiada lain adalah kualitas mahasiswa dan kualitas lulusan FH UNPAR yang sangat bagus serta sarana dan prasarana perkualiahan yang sangat memadai.
Memang berdasarkan kriteria TOM (Top of Mind), fakultas yang berlokasi di Ciumbeluit,Bandung ini lebih rendah dikalangan masyarakat Indonesia dibandingkan beberapa fakultas hukum lainnya. Akan tetapi, mahasiswa FH UNPAR sangat sering menorehkan prestasi di tingkat nasional, misalnya MCC Internasional (Philip C Jessup, International Humanitarian Law, dll), Lomba Lomba Debat dan LKTI. FH Unpar adalah pemasok terbesar ketiga Sarjana Hukum ke reputable law firms di Jakarta. Hukum Bisnis dan Ekonomi adalah bidang hukum unggulan fakultas ini. Apabila kita search dengan Google, dengan kata kunci “FH UNPAR”,  maka setidak-tidaknya adA 70.900 halaman tersedia.
Lulusan Fakultas Hukum Universitas Katolik Atmajaya (FH ATMAJAYA) ini juga mendapat tempat tersendiri di berbagai reputable law firm di Jakarta. FH Atmajaya dapat dikatakan pemasok terbesar kelima Sarjana Hukum ke law firm -law firm ternama di Jakarta. Dan berdasarkan indeks TOM, apabila kita search dengan Google, dengan kata kunci “FH ATMAJAYA JAKARTA”,  maka setidak-tidaknya ada 114.000 halaman tersedia.
Fakultas Hukum Universitas Trisakti (FH Usakti) merupakan salah satu fakultas hukum yang terkemuka di Indonesia. Fakultas yang sudah berumur 45 tahun lebih ini juga memiliki berbagai prestasi di bidang hukum ditingkat nasional. FH Usakti juga memiliki beberapa guru besar yang sangat disegani, sebut saja Andi Hamzah (Guru Besar Hukum Pidana), Bintan R Saragih dan Budi Harsono (Guru Besar Hukum Agraria). Selain itu, kampus ini juga didukung dengan fasilitas yang cukup mendukung mahasiswa untuk menjadikan lulusan FH Usakti sangat diminati oleh beberapa law firm ternama di Jakarta. Apabila kita search dengan Google, dengan kata kunci “FH TRISAKTI”,  maka setidak-tidaknya ada 71.900 halaman tersedia.
Tahun 2010 adalah tahun kejayaan Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH UNAIR), bahkan beberapa berita mengenai FH UNAIR dengan berani mengatakan bahwa FH Unair menuju Fakultas Hukum terbaik di Indonesia. FH UNAIR berkali-kali menorehkan prestasi di tingkat nasional di bidang debat hukum, moot court competition dan LKTI. Akan tetapi, prestasi FH yang akan berumur 60 tahun ini dibidang lainnya belum terlalu menonjol, misalnya di bidang MCC International. Selain itu, tidak banyak alumni FH UNAIR yang berkarir di kantor-kantor hukum ternama di Jakarta. Apabila kita search dengan Google, dengan kata kunci “FH UNAIR”,  maka setidak-tidaknya ada 92.000 halaman tersedia.
Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (FH UNDIP) yang sudah berumur 54 tahun ini juga cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia (indeks TOM-nya baik). Pada umumnya, lulusan FH UNDIP banyak bekerja di bidang pemerintahan sebagai PNS, sehingga FH UNDIP kurang populer bagi law firm – law firm ternama di Jakarta. Meskipun demikian, di tingkat nasional, mahasiswa FH UNDIP juga banyak yang menorehkan prestasi khususnya di bidang moot court competition. Apabila kita search dengan Google, dengan kata kunci “FH UNDIP”,  maka setidak-tidaknya ada 167.000 halaman tersedia.
Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan (UPH) adalah fakultas hukum termuda yang masuk jajaran 10 fakultas hukum terbaik di Indonesia. FH UPH didirikan pada tanggal 25 Juli tahun 1996, yang diprakarsai oleh Dr. (HC) Mochtar Riady. Kegiatan perkuliahan pada program Strata Satu (S1) berlangsung di Global Campus UPH Lippo Karawaci Tangerang dan dilaksanakan dalam dua pilihan bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Fakultas Hukum UPH aktif menjadi bagian dari beberapa kompetisi mootcourt (peradilan semu), baik nasional maupun internasional, seperti Lomba Debat Hukum Nasional Universitas Padjadjaran, Bandung; Kompetisi Mootcourt Nasional Djoko Soetono, Yogyakarta; Phillip C. Jessup International Law Mootcourt, Washington – USA; Stetson International Environmental Mootcourt Competition, Florida – USA; Elsa Mootcourt Competition, Taipei – Taiwan; dll.
Fakultas Hukum UPH telah meraih beberapa penghargaan dan prestasi, antara lain memperoleh peringkat 13 dari +100 Universitas di seluruh dunia pada Phillip C. Jessup International Law Mootcourt Competition; Juara I pada Lomba debat Hukum Nasional Universitas Padjadjaran; dll. Fakultas Hukum UPH merupakan salah satu anggota ASLI (Asian Law Institute) bersama-sama dengan National University of Singapore, Australian National University, Chulalongkorn University, University of Queensland, Southern Cross University, Singapore Management University, Hanoi Law University, Thammasat University, La Trobe University, Kobe University, University of New south Wales, dan universitas-universitas lain di beberapa negara asia dan non-asia. Fakultas Hukum UPH telah menjalin kerjasama dalam program dual degree dengan La Trobe University, Australia dan Murdoch University, Australia (sedang dalam proses). Dan bahkan, apabila kita search dengan Google, dengan kata kunci “FH UPH”,  maka setidak-tidaknya ada 352.000  halaman tersedia. Prestasi yang demikian cepat diraih FH UPH menjadikannya layak sebagai salah satu fakultas hukum terbaik di negeri ini.
Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara (FH UNTAR) juga layak menyandang sebagai salah satu fakultas hukum terbaik di Indonesia. Fakultas yang berlokasi di kawasan strategis Jl S. Parman No. 1 Jakarta ini memang memilki indeks TOM yang kurang memuaskan dan bahkan apabila disearch dengan mesin pencari hanya sedikit info yang tersedia, akan tetapi kualitas mahasiswa, kualitas fakultas dan kualitas alumninya sudah tidak diragukan lagi. Fasilitas yang cukup memadai dan lulusan yang banyak bekerja di law firm – law firm ternama di Jakarta serta keikutsertaan mahasiswa dalam berbagai kompetisi hukum tingkat nasional layak menjadikan fakultas ini mend
uduki peringkat 10 Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia.

No comments:

Post a Comment