Friday, July 20, 2012

fk

Apa itu Ilmu Kedokteran?
Ilmu kedokteran adalah ilmu yang mempelajari tentang penyakit dan cara-cara penyembuhannya. Jadi di ilmu kedokteran, kamu akan belajar tentang apa itu penyakit dan gimana cara untuk mengobatinya. Umumnya seperti kuliah di jurusan yang lain, untuk meraih gelar Sarjana di bidang kedokteran (S.Ked), kita harus kuliah normal selama 4-5 tahun. Tapi bedanya, kalau jurusan lain bisa langsung menyandang gelar dan cari kerja, di kedokteran nggak kayak gitu.
Setelah lulus, kita harus lanjut Ko-As atau sekarang dikenal dengan PTT (Pegawai Tidak Tetap) selama dua tahun. Di Ko As ini, kita akan keliling praktik ke daerah yang sudah ditetapkan untuk mengaplikasi ilmu yang selama ini udah dipelajari. Nah, setelah lulus Ko As, barulah kita sah menyandang status sebagai dokter umum dan kita sudah bisa mengurus SIP (Surat Izin Praktik), ngelamar ke rumah sakit, atau pegawai negeri di bidang kesehatan masyarakat. Ato ada juga yang pengen lanjut langsung ambil spesialisasi juga boleh.
Ada banyak spesialisasi di bidang kedokteran. Tapi tergantung juga dengan kemajuan ilmu di negara tersebut. Nih beberapa spesialisasi yang sudah bisa diambil dan dipelajari di negara kita seperti berikut:
kalian bakal mempelajari jenis-jenis mata kuliah seperti :
·         Anatomi Tubuh
Nah, kamu bakalan belajar tentang tubuh manusia luar-dalam. Kamu musti hafalin semua organ tubuh plus letaknya di mana. Kan nggak lucu kalo ditanya dimana letak jantung, malah nunjuk di dengkul. Jadi, mesti banyak ngapal deh pokoknya.
·         Fisiologi
Kalau di anatomi kamu belajar tentang tubuh dan organ, di Fisiologi kamu memahami mekanisme kerja fungsi-fungsi sistem dan organ tubuh manusia. Misalkan ginjal, gimana sih sistem kerjanya? And so on. Lagi-lagi harus banyak ngapal tuh…
·         Ilmu Bedah
Untuk yang satu ini, kamu akan diajar gimana cara membedah? Hiiii..takut??! Ya nggak bole lah! Jadi, kamu akan diajar gimana bedah tubuh. Untuk praktiknya, kamu sering pake mayat dan belajar menyayat kulit dan tubuh dengan cara yang benar.
·         Farmakologi umum
Jadi dokter nggak afdol dong kalo nggak belajar tentang obat. Ntar, kamu juga diajar tentang obat-obatan yang pas untuk penanganan penyakit tertentu. Jadi, walau nggak kuliah di fakultas farmasi, toh calon dokter kan harus belajar juga tentang obat-obatan secara umum, biar nggak salah kasih obat.
·         Forensik
Buat kamu yang suka dengan kasus pembunuhan yang rumit, ilmu ini membantu lho untuk menguak siapa tuh korbannya. Misalkan, mayat terpotong ‘en udah ngga jelas mukanya. Nah, ilmu ini bisa membantu polisi untuk melacak siapa jati diri korban yang sebenarnya. Keren banget, kan?
·         Yang Mesti Disiapin
-First of all, bagi kamu yang tertarik kuliah di sini, kamu harus siap mental. Terus, kamu juga musti kerja keras and siapin fisik. Soalnya, praktik dokter itu bejibun loh. Kuliah di sini, kita nggak cuman duduk manis di ruang kuliahan, tapi praktik langsung nanganin pasien dan belajar dari senior-senior.
-But yang pasti, siapin kocek. Kuliah di kedokteran itu mahal banget lho. Alat-alatnya aja mahalnya minta ampun. Meski kita nggak wajib beli semua alat, tapi alat-alat dasar sih harus punya sendiri. Kalo kamu kuliah di PTN sih, pasti agak murah, tapi kalo di swasta ya harus siapin kocek lebih tebal, biar ntar kuliahnya nggak putus tengah jalan hanya gara-gara biaya.
-Biar lulus tes di kedokteran, kamu harus kuat di pelajaran biologi, matematika dan ilmu pasti lainnya. Selain itu, kita juga harus jago menghapal. Banyak banget tuh yang harus dihapal di kedokteran. Meski menggambar nggak wajib, tapi banyak juga lho mahasiswa yang bilang musti bisa gambar. Bukan gambar kartun ato animasi, tapi rangka tubuh dan organ tubuh manusia. Gimana, udah siap kuliah kedokteran?

No comments:

Post a Comment