Friday, July 20, 2012

Mau Masuk FK? baca dulu ya.....

selamat ya buat yang lulus UAN... jalan masi panjang Bro/Sist... nah kalo kamu-kamu ada niat buat masuk FK ada hal-hal yang perlu diketahui... mau tahu? Yuk mariiii.....
1. Pilih Program Studi Pendidikan Dokter!
Meskipun namanya ada pendidikannya tapi pendidikan dokter beda banget sama Prog.Studi Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, pendidikan matematika, dsb. kalo di program studi yang lain itu mahasiswanya dididik jadi guru, di pendidikan dokter kamu akan dididik menjadi seorang dokter. jadi inget dulu ya, waktu jaman2 SMA kalo ditanya SPMB ambil apa, aku akan bilang ambil pendidikan. nggak bohong kan? hehehe. so, jangan ragu lagi ya buat ngisi formulirnya
2. Kalo mau jadi dokter gigi, pilih Prog.Studi Pendidikan Dokter Gigi.
Nah, jangan salah ya... dokter gigi bukanlah spesialisasi dari kedokteran umum. dokter gigi itu profesi tersendiri. so kuliahnya juga tersendiri dan terpisah dari kedokteran umum. dokter gigi itu setara dengan dokter umum, dan sama seperti dokter umum, dokter gigi juga memiliki spesialisasinya sendiri yang juga terpisah dari spesialisasi dokter umum. jadi jangan salah pilih ya....
3. Dokter itu sekolahnya Lama
buat yang nggak suka sekolah lama-lama jangan ambil kedokteran. karena program studi kedokteran bukan program studi yang bisa diselesaikan dalam waktu singkat. apalagi kalau nilai kita ancur-ancuran. siap-siap aja buat jadi penunggu kampus. secara umum minimal kamu butuh waktu paling cepat 7 tahun ---bandingkan sama jurusan lain!!-- untuk mnyelesaikan pendidikan sebagai dokter. kurang lebih empat tahun untuk menempuh jenjang sarjana --kalo dah lulus tahap ini, dapat gelar Sarjana Kedokteran atau S.Ked--, ditambah 2tahun menempuh program profesi atau kepaniteraan klinik, dan setahun untuk jadi dokter magang atau internship.
4. Kuliah di FK itu mahal
Tergantung juga, kalau kita berhasil masuk universitas negeri yang program reguler tentu nggak akan semahal kita kuliah di swasta . tapi memang biaya agak gede di beli buku dan fotokopi bahan-bahan kuliah. biaya akan semakin membengkak kalo kamu bergaya hidup mewah dan rajin mecahin preparat (bahan praktikum histologi atau patologi anatomi). denger-denger kalau di swasta harus beli bahan praktikum --baca : beli mayat- juga, tapi belum tahu lagi. oh iya, jangan terlalu khawatir ya, karena di FK tu banyak banget beasiswa. pengalaman di FK Unand aja beasiswa tu banyak beasiswanya daripada yang mengajukan.
5. Anak FK itu kompak
Bener banget... anak FK biasanya kompak-kompak. kayaknya karena mereka sering menderita bersama-sama. apalagi doktrin sesama dokter adalah saudara udah dikasi sejak tahun pertama. tapi FK juga terkenal dengan senioritasannya yang kental banget. takut sama senior tu udah jadi budaya yang mendarah daging di tubuh FK dan para dokter.
6. Anak FK mudah dikenal
Kayaknya masih betul. sampai saat ni anak FK punya semacam ciri-ciri umum yang membedakannya dengan temen-teman dari fakultas lain. biasanya anak FK berkacamata --sekarang udah ada lensa kontak, jadi mulai jarang ni---, baju kemeja --musti ni, peraturan kampus soalnya--, celana bahan --sama kayak baju, udah jadi peraturan--, bawa buku tebel. hehehe. anak FK juga terkenal dengan perilakunya yang 'agak' rapi dan sopan. meskipun ada juga yang nggak memenuhi stereotipe ini tapi ya secara umum anak FK masih kayak gini.
7. Anak FK rajin belajar
nggak juga sebenernya... tapi emang biasanya porsi belajar kami agak banyak. tapi bener deh, nggak maksud sombong, gaya-gayaan, atau emang hobby belajar. kami TERPAKSA melakukannya karena emang yang harus dipelajari SANGAT BANYAK dan SANGAT SULIT..
 8. Anak FK orang kaya semua
Kaya?. tidak semua anak FK berlatar belakang keluarga kaya. banyak juga kok yang nggak kaya. so buat kamu yang merasa dari keluarga kurang mampu, jangan minder buat masuk FK.. hajar bleh!! yang penting bukan kekayaan harta.. tapi kekayaan hati. betul ibu ibu? :)
9. Jadi dokter pasti kaya
ini yang penting buat dilurusin. banyak juga kok dokter yang nggak kaya. yang jatuh miskin aja ada. apalagi mereka2 yang punya idealisme tinggi dan berjiwa sosial. apalagi kalo jadi merelakan diri jadi dokter di daerah pedalaman. kerjanya banyak tapi penghasilan nggak layak. banyak tu dokter-dokter PTT yang gajinya dibawah UMR, bahkan ada juga yang nggak dibayar-bayar sampe bertahun-tahun. tapi ku pikir ya, kalau dokter cukup materi itu hal yang wajar. bukankah sudah janji ALLOH, HAL JAZAAUL IHSAN ILLAL IHSan! balasan kebaikan itu adalah kebaikan. jadi dokter itu pengorbanan yang luar biasa, dokter itu berarti siap melayani siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. dan kebaikan itu pasti akan dibalas ALLOH kan? salah satunya adalah dengan rizki. Tapi jangan pernah menjadi dokter karena alasan materi... jangan pernah!!
10. Masuk FK itu Susah
bener, lihat aja didaftar peminat di buku2 SPMB? semua fakultas kedokteran diminati begitu banyak orang yang tidak sebanding dengan daya tampungnya. ketika memutuskan masuk FK kita harus bersaing dengan ribuan orang. passing grade FK juga terkenal tinggi. tapi tahukah kamu,sesusah-susahnya masuk FK jauh lebih susah bertahan di FK. mereka susah banget buat bertahan di FK. mempertahankan idealisme, prestasi belajar, aktif di organisasi, dan lain sebagainya... susah banget dengan tekanan besar kayak di FK... butuh mental baja buat bertahan di FK. percaya lah.

No comments:

Post a Comment