Friday, July 20, 2012

Mau Ke Dokter Yang Mana ni?

Dokter itu banyak macamnya.. banyak banget... tapi jangan bingung ya.... nih dikasi bocorannya....yuk kita liat satu-satu
> Dokter Muda : nah, ini belum dokter sebenarnya --baru sarjana kedokteran atau S.Ked-- biasa berkeliaran dirumahsakit-rumahsakit pendidikan atau rumah sakit yang bekerja sama dengan Fakultas kedokteran. dokter ini biasanya bertampang nanggung.. dalam arti terlalu tua untuk disebut mahasiswa dan terlalu muda untuk jadi dokter.. dari semua dokter, dokter muda sering kali bernasib paling menyedihkan.. sering jadi kambing hitam dan sasaran amuk orang-orang --baca : konsulen, residen, pasien, keluarga pasien, perawat, sampe Cleaning Service rumah sakit--- yang lagi Badmood. Dokter muda yang sering terlihat bergerombol di sudut-sudut rumah sakit ini biasanya memiliki seragam khusus tergantung dari asal universitasnya masing-masing. Kalo di unand baju lengan pendek (co dan ce yang nggak berjilbab tentu), kerah shanghai, dengan kancing di kanan untuk co dan kiri untuk ce. Tips berhadapan dengan mereka : sayangilah dan KASIHANILAH mereka.
> Dokter Umum : seperti namanya dia mengurus semua masalah yang umum-umum. pengetahuannya  dan keterampilannya luas namun tidak terlalu dalam. alias generalis. pada umumnya jas putihnya berlengan pendek. Dokter ini namanya cuma ada gelar Dr, nggak ada embel embal Sp-nya. Dokter umum inilah yang paling sering ada di puskesmas, klinik 24 jam jadi dokter jaga dan pengobatan2 massal. nah, PASIEN YANG BAIK akan mengunjungi dokter umum sebelum pergi ke spesialis.
> Dokter Jaga : Dokter yang tugas malam.. biasanya tampangnya agak serem karena nahan ngantuk. hobinya minum kopi atau ngajak ngobrol orang lain yang keliatan nganggur. bisa ditemui di bagian gawat darurat atau di klinik-klinik 24jam.
> Dokter Residen : nah, kalo yang ini dokter umum yang lagi menempuh pendidikan spesialis (SP1). sama kayak dokter muda. bisa kita temui di rumah sakit pendidikan. jarang terlihat bergerombol. paling-paling dua atau tiga orang. biasa berkeliaran di bagiannya masing-masing. jadi kalau residen bedah ya di bagian bedah, residen anak di bagian anak.
> Residen 'Bebek' : bukan Residen yang lagi dinas di bagian penyakit bebek. tapi julukan buat residen-residen yang baru masuk. dikasi julukan bebek karena sering terlihat lagi ngikutin seseorang entah itu konsulen atau residen senior. kerjaannya adalah mengamati dan selalu siaga kalau ditanya.
> Dokter Spesialis : nah, ini dokter yang udah nggak residen lagi alias sudah selesai pendidikan spesialis. jas putihnya udah berlengan panjang, begitu juga dengan namanya yang nambah panjang dengan gelar spesialisasinya. nah kalo dokter umum itu ilmu dan keterampilannya generalis, para dokter spesialis ini cakupan ilmu dan keterampilannya jadi lebih sempit namun makin dalam. Nah, kalau ada pasien-pasien yang tidak bisa ditangani dokter umum, maka dokter umum akan merujuk pasiennya ke dokter spesialis.  spesialis ini ada dua tingkat, yang pertama dokter spesialis --aja--- atau (Sp 1) dan dokter spesialis konsultan (Sp 2) atau orangnya akrab disapa konsulen... nah untuk meraih gelar K (konsultan) dibelakang namanya tentu saja nggak sembarangan. harus sekolah dulu.... oh ya banyak banget spesialisasi dalam dunia kedokteran, bidang2 spesialisasinya bisa dikenali dari gelarnya..misalnya :
Sp PA : Patologi Anatomi, salah satu dokter yang jarang banget ketemu wajah pasien. akrab banget sama mikroskop. kerjaannya mengamati sampel-sampel jaringan pasien dan menegakkan diagnosa dari jaringan tersebut. semua kelainan jaringan seperti tumor, kista berurusan sama dokter ini.
Sp.MK : Mikrobiologi Klinik, dokter ini ngurusin kuman. tugasnya berhubungan dengan pasien yang terinfeksi kuman. mulai dari diagnosa jenis kuman sampe pemilihan antibiotik yang cocok untuk membasmi kuman tersebut
Sp.B : Bedah. nah dokter yang ini bersenjatakan pisau. biasanya orangnya sigap dan cekatan. urusan potong-memotong, jahit-menjahit biasa dikerjakan sama dokter ini. kata orang dokter bedah ini adalah dokter yang banyak kerja dan banyak uangnya.
Sp.PD : penyakit dalam. nah urusan semua yang di dalam tubuh diserahkan sama dokter ini. tapi akhir-akhir ini sudah banyak spesialis baru yang 'mengambil' tugas Sp.PD misalnya spesialis paru atau spesialis jantung dan pembuluh darah. beda dengan dokter bedah, kata orang dokter ini yang paling banyak ilmunya.
Sp.A : Anak. spesialis ini meyakini betul bahwa anak itu bukan orang dewasa yang bertubuh mini. jadi seorang anak perlu perlakukan khusu termasuk perawatan khusus ketika dia sakit maupun dalam perkembangannya. biasanya orangnya lembut, ramah dan suka anak-anak tentu saja.
Sp.M : Mata. semua keluhan tentang mata mulai mata merah sampe rabun diurus dokter ini.
Sp THT-KL : Spesialis Telinga, Hidung tenggorok, kepala leher. dokter ini ngurusin semua hal yang terjadi di wilayah THT KL
Sp.S : Spesialis Syaraf. bukan Sarap lho ya? dikenal sama bidang ilmunya yang njelimet. dokter spesialis syaraf ini terkenal teliti, dan pinter-pinter. ngurusin masalah persyarafan mulai dari otak hingga syaraf di ujung kaki.
Sp.R : Radiologi bukan Sentral Pasar Raya. nah dokter ini nggak fotografernya dunia kedokteran. Buat mereka ganteng atau cantik bukan ukuran, karena dalam foto rontgen tukul dan bradpitt pun nggak jauh beda. ngurusin Rontgen sampe yang tercanggih MRI
Sp. An : Anastesi : Dokter ini bisa ditemui di ruang bedah ataupun ICU. tugasnya ngurusin pembiusan pasien dan pasien-pasien yang butuh perawatan intensif. kalau mau tahu mati itu kayak mana, tanya sama dokter ini.
Sp.F: Forensik : dokter ini bisa membedah pasien tanpa menggunakan obat bius. bukan debus kok. tapi karena pasien-pasien mereka sudah Almarhum semua. dokter yang berteman akrab sama polisi dan sering diundang ke pengadilan ini tugasnya membuat visum dan melakukan otopsi.
Sp.KJ : Kesehatan Jiwa. nama lainnnya psikiater. bedanya dengan psikolog adalah psikiater adalah seorang dokter sehingga berhak memberikan obat dan tindakan kedokteran. psikiater mengurusi semua penyakit yang berhubungan dengan kesehatan jiwa seseorang, dokter ini juga berwenang dalam masalah gangguan perilaku seperti penyalahgunaan narkoba, kejahatan, dan penyimpangan seksual. konon di Inggris, dokter adalah pelaku usaha bunuh diri tersering, dan dari semua dokter, psikiater adalah dokter yang paling sering melakukan usaha bunuh diri. terkenal akan gayanya yang biasanya nyentrik atau pembawaannya yang menarik, ada dugaan perilakunya yang nyentrik adalah akibat hubungannya yang akrab dengan pasiennya --nular gitu--

1 comment:

  1. Rameeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee




    @DenMeyerr

    ReplyDelete