Tuesday, June 12, 2012

SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK (STIS)


Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan program D–IV, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958, memanggil pemuda-pemudi Indonesia lulusan sekolah menengah umum untuk dididik menjadi ahli statistik. STIS mengemban visi menjadi lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional.

Dengan demikian lulusan STIS merupakan tenaga yang mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian, melakukan analisis di bidang sosial-ekonomi serta merencanakan dan mengembangkan sistem informasi.

Kurikulum dibuat sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi, kependudukan, sosial, dan teknologi informasi. Proses dan metode pembelajaran ditekankan pada pengembangan ketrampilan di bidang statistik dan komputasi statistik.

STIS mempunyai dua jurusan: Jurusan Statistika (Ekonomi dan Sosial-Kependudukan) dan Jurusan Komputasi Statistik. Jurusan Statistika menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan Jurusan Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi.

Dosen pengajar berasal dari lulusan perguruan tinggi dalam dan luar negeri dengan jenjang S2 dan S3.

Lulusan STIS mendapat gelar Sarjana Sains Terapan (S.S.T.).
Ini dia tipsnya dari tentangstis.wordpress.com
* Seleksi di STIS menggunakan sistem gugur pada tiap tahapnya…usahakan konsen pada setiap tahap…jadi usahain lulus dulu tahap I (tes akademik)…jika lolos baru konsen bagaimana menghadapi tahap II(psikotest dan interview)…jika lolos konsen ke tes kesehatan.
* tes tahap I terdiri dari 3 mata uji yaitu matematika, bahasa Inggris, dan pengetahuan umum. untuk matematika pelajari tentang fungsi, diferensiasi(turunan), integral, probabilita(peluang), deret aritmatika, deret ukur…(prosentase muncul soal jenis ini lebih besar), untuk Bahasa Inggris pelajari tentang tenses, vocab, biasanya kasusnya berupa cerita dan nyambung ke 5 soal optional. Untuk pengetahuan umum sering2 aja ngliat berita TV, baca koran ato sering2 browsing om gugel.
* Waktu ujian tahap I dipisah tidak digabung…misal;matematika 60 mnt, B. Inggris 45mnt, Peng. Umum 30 mnt. jadi manfaatkan waktu sesuai porsinya.masing2 terdiri dari 60 soal. jika dikalkulasikan kamu harus nyelesaiin 1 soal matematika 60 detik, bhs inggris 45 detik, Peng. umum 30 detik….jadi perlu diingat…strategi waktu!!!
* jangan lupa bobot nilai masing2 mata uji. matematika memiliki bobot paling tinggi klo ngga salah 3 point, bahasa Inggris 2 point , peng umum 1 point…soo usahain kerjain matematika yang banyak…..jangan lupa klo betul nilai 3 …salah -1.
* tes tahap II(psikotes) dan interview. nggak begitu susah…pelajari soal2 psikotest seperti masuk PNS…bukunya bisa di cari di toko buku…isinya yah nyocokin kotak, segitiga , lingkaran dll…..menggambar tentang pohon, rumah, orang…dan posisinya, soal yang diulang2 di belakang..konsistensi…dll
* untuk test interview…jawab aja dengan tenang santai tapi serius, ngga grusa-grusu, perhatikan pertanyaan….biasanya seputar motifasi masuk stis, pekerjaan ortu, punya temen ngga, gimana kalo bekerja dibawah tekanan, ekstrim ngga, mau nurut sistem pemerintahan ngga, dan seputaran aturan di STIS….
* Test tahap III(kesehatan)….nah tes ini tidak dilakukan di STIS tapi di RS yang ditunjuk..biasanya meliputi tes paru dan jantung, rontgen, tes urin, tekanan darah, HB…jadi begitu pengumuman tahap II kalo lolos…langsung aja atur jadwal olah raga, minum susu+madu dan tidur dibawah jam 9 malam…sampe dengan hari H tes tahap III.

1 comment: